Perjalan ke Gunung Kelud

Dialog Mentri Pertanian dengan Patani di Desa Pandansari Kecamatan Ngantang Kab. Malang Jatim

Rombongan Peserta Diklat Penyuluh Ahli Angkatan 1 tahun 2014
Kunjungan ke Desa Pandansari Kec. Ngantang Kab. Malang Jatim 

Rabu, 16 April 2014 rombongan peserta pelatihan diklat dasar ahli angkatan 1 di BBPP Batu Malang berangkat menuju desa Pandan Sari Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang Jawa Timur dalam agenda kegiatan Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu Malang untuk memberikan bantuan kompor gas, stek bibit rumput dan pakan sapi perah. Acara di kaki gunung Kelud juga dihadiri oleh Bapak Mentri Pertanian Ir. H. SISWONO, MMA yang datang mengunjungi petani peternak yang ada didesa Pandansari, dalam kegiatan tersebut Bapak Mentri Pertanian langsung mengunjung lahan persawah warga yang terkena dampak letusan gunung kelud, hampir seluruh lahan pertanian sawah tetup abu vulkanik dan pasir yang ketebalannya mencapai 50 - 100 cm, dengan kondisi yang demikian petani masih belum bisa beraktifitas kembali ke sawah karena ketebalan pasir yang masih tinggi, oleh karena itu melalui kunjungan  tersebut Bapak Mentri Pertanian memberikan bantuan 60 handtraktor, bibit buah buahan, bibit padi  kepada kelompok tani yang ada di desa Pandansari Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang Jawa Timur.
Pada kesempatana yang sama juga Bapak Mentri Pertanian SISWONO melakukan dialog bersama warga masyarakat desa Pandansari di balai desa, beberapa warga meminta agar dapat dibantu oleh pihak pusat dan daerah dalam pembenahan sarana prasarana pertanian khususnya yang rusak parah dan tidak dapat dimanfaatkan lagi akibat erupsi kelud beberapa waktu yang lalu. Mentri Pertanian menanggapinya dengan akan segera melakukan koordinasi dalam perbaikan sarana pertanian terutama sarana irigasi dan jalan usaha tani agar akses petani dan peternak dapat segera beraktifitas kembali, selain itu juga pasilitasi permodalan dengan pola kredit lunak juga akan di kucurkan agar petani dapat memulai usahanya kembali.
Kunjungan lapanga yang dilakukan oleh peserta diklat dasar ahli penyuluh angkatan 1 BBPP Batu tahun 2014 di Desa Pandansari Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang Jawa Timur, memberikan gambaran kondisi real yang dihadapi oleh masyarakat sekitar Gunung Kelud yang masih terus dan perlu di dukung oleh berbagai pihak sesuai dengan biangnya. untuk kegiatan penyuluhan penyuluh pendamping desa pandansari memiliki tugas untuk mengkoordinasikan kegiatan rumpun hijau dalam proses pemulihan agar aktifitas usaha pertanian dapat berjalan dengan lancar kembali.
(BBPP Batu Malang, 18 April 2014)


0 komentar:

Posting Komentar

 
  • Media Penyuluhan © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes