Pembelajaran Petani Melalui Demplot

Foto Kegiatan Tanam Simbolis di Kelompok Tani Ai Petung Kec. Taliwang Bersama Bupati Sumbawa Barat, Kepala DISHUBUNTAN Kepala BKP5K, DANRAMIL Taliwang, PT. Petrokimia Gresik dan PT. Petrokimia Kayaku 

Diskusi bersama Bupati Sumbawa Barat dan Petani

UPAYA PENINGKATAN PRODUKSI PADI, UPTB BP3K KECAMATAN TALIWANG KERJASAMA DENGAN PRODUSEN PT. PETROKIMIA GRESIK  DAN PT. PETROKIMIA KAYAKU DALAM PELAKSANAAN DEMPLOT.
Peningkatan produksi padi merupakan salah satu  target kegiatan UPSUS PAJELE, oleh karena itu pembelajaran dan pendampingan kepada petani selaku pelaku utama terus intensif dilakukan oleh penyuluh pertanian. Salah satunya adalah melakukan kerjasama dengan petani pada lokasi demonstrasi plot (demplot) yang diharapkan menjadi wahana pembelajaran langsung oleh petani pelaku dan petani yang  ada disekitarnya.  Untuk itu UPTB BP3K Kecamatan Taliwang melakukan kerjasama dengan Produsen Pupuk Petrokimia Gresik dan Produses obat tanaman padi PT. Petrokimia Kayaku. Untuk melaksanakan demplot di beberapa lokasi di kecamatanTaliwang.
Pada kegiatan tanam simbolis yang telah dilakukan di kelompok Ai Petung di Keluaraha Menala Kecamatan Taliwang yang langsung dihadiri Pejabat Sementara Bupati  Sumbawa Barat,  Kepala BKP5K , Kepala Dishubuntan, Danramil Taliwang, dan perwakilan dari PT. Petrokimia Gresik dan PT. Petrokimia Kayaku, serta perwakilan petani sekecamatan Taliwang, pada kesembapatan tersebut Bupati Sumbawa Barat menargetkan “setiap demplot yang dilaksanakan bersama petani, maka target produksi padi harus meningkat dan mencapai produksi diatas 10 ton / ha. Dan disampinggi itu penyuluh harus mendampingi secara maksimal, agar lokasi demplot bias menjadi wahana pembelajaran langsung oleh petani yang ada disekitarnya”  demplot merupakan tanggung jawab bersama antara petani pelaksana, penyuluh dan perakilan perusahaan ungkap Bupati Sumbawa Barat pada sambutannya.
Kerjasama Demplot PT Petrokimia Gresik  yang dilaksanakan kecamatan Taliwang tersebar di beberapa desa yang ada di kecamatan Taliwang. Demplot yang dilaksankan dengan perlakuan pemupukan berimbang dan pemberian Zn. Metode pemupukan berimbang 5:3:2 plus Zn yaitu Pupuk Organik 500Kg/hektar, Pupuk NPK 300Kg/hektar dan Pupuk Urea 200 Kg/hektar, serta pelakuan menggunakan  Zn 1 Kg/Ha, yang diharapkan dapat memberikan pengaruh pada pertumbuhan tanaman padi dan akhirnya dapat meningkatkan produksi padi.
“keberhasilan demplot merupakan tanggu jawab bersama dan besar harapan kami kedepannya PT Petrokimia Gresik dan PT. Petrokimia Kayaku bisa terus berpartisipasi dalam pemberdayaan petani dalam pengenalan produk pupuk dan obat obatan yang tepat untuk tanaman dan juga membantu dalam  penganalan pemupukan berimbang” Bupati Sumbawa Barat.  
kedepannya kami akan terus berupaya menjalin kerja sama dengan penyuluh, petani dan pihak terkait  untuk memperluas informasi yang berguna bagi patani”,ucap selles manajer wilayah Sumbawa PT. Petrokimia Kayaku Rahardian Disa. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • Media Penyuluhan © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes