PAUD BUKIT LEPAYAN
Pembukaan Pelatihan Karakter |
siswa didik dan orang tua |
gerakan mari menggosok gigi |
Penggalian Potensi dan Masalah melalui PRA orang tua Siswa |
Pemateri Pendidikan Karekter Peran Orang Tua dalam Pendidikan anak |
Latar Belakang
Pendidikan karakter ditempatkan sebagai
landasan untuk mewujutkan visi pembangunan nasional, yaitu mewujutkan
masyarakat yang berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya dan beradab
bersdasarkan falsafah Pancasila. Hal ini sekaligus menjadi upaya untuk mendukung
perwujutan cita cita sebagaimana diamanatkan dalam Pancasila dan Pembukaan UUD
1945.
Upaya pembentukan karakter sesuai
dengan budaya bangsa tentu tidak semata mata hanya dilakukan di sekolah melalui
serangkaian kegiatan pembelajaran tetapi
juga dilakukan di luar sekolah melalui kegitan pembiasaan dalam kehidupan
sehari hari. Pembiasaan tidak hanya mengajarkan (aspek kongnitif) tapi juga
aspek psikomotorik dari lingkungan
terkecil seperti keluarga sampai dengan cakupan masyarakat yang luas.
Aspek keluarga memberikan pengagaruh
yang cukup besar terutama dalam pembentukan karekter anak, namun terkadang
orang tua tidak menyadari secara langsung mereka memberikan pembelajaran yang
sagat melekat pada inggatan anak anaknya. Seiring dengan kesibukan orang tua,
banyak orang tua menitik beratkan pembentukan karekter anak anak di lingkungan
sekolah seperti PAUD, TK , Temat Penitipan Anak dan Sekolah Formal lainnya.
Seiring dengan bertambahnya usia, anak
– anak membutuhkan rangsangan pendidikan yang lebih lengkap, baik dari
lingkungan pendidikan dalam rumah (home base)
dan pendidikan dari luar rumah (center
base). Ransangan pendidikan dari rumah maupun luar rumah hendaknya selaras,
saling mendukung, sehingga di peroleh manfaat yang optimal.
Oleh karena itu dirasa PKBM BUKIT
LEMPAYAN sebagai salah satu wadah pendidikan non formal yang menyelenggarakan
kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini sejak tahun 2007 merasa perlu melakukan
kegiatan pelatihan dan pendidikan yang melibatkan pendidik dna tenaga
pendidikan serta orang tua siswa didik
sehingga sasaran pembentukan karekter peserta didik (anak PAUD) dapat di capai
secara maksimal. Kegiatan akan dilakukan secara bersama sama, oleh dan untuk
masyarakat penerima manfaat tersebut.
Sasaran
Penerima Manfaat
Penerima manfaat kegiatan pendidikan
karekter pada satuan pendidikan non formal PKBM BUKIT LEMPAYAN adalah :
1) Pendidik dan
tenaga pendidik di kegiatan PAUD BUKIT LEMPAYAN
2) Peserta didik
PAUD BUKIT LEMPAYAN
3) Orang tua
peserta didik PAUD BUKIT LEMPAYAN
Tujuan Kegitaan
Tujuan kegitaan Pendidikan Karakter
pada satuan pendidikan non formal PKBM BUKIT LEMPAYAN adalah :
1) Menyususn
dokumen implementasi pendidikan karakter pada satuan pendidikan non formal PAUD
BUKIT LEMPAYAN yang berkaitan dengan pengelolaan lembaga pendidikan,
perencanaan, pelaksanaan dan penilaiaan
proses pembelajaran PAUD BUKIT LEMPAYAN yang ditungkan dalam :
Ø Silabus
Ø Rencana
Pembelajaran Tahunan (RPT)
Ø Rencana
Pembelajaran Bulanan (RPB)
Ø Rencana
Pembelajaran Mingguan (RPM)
Ø Rencana
Pembelajaran Harian (RPH)
2) Mengintegrasikan
nilai nilai kearifan local (local genus)
dalam proses pendidikan di lembaga PAUD BUKIT LEMPAYAN
3) Mengembangakan
dan menginplemntasikan model pendidikan karakter pada satuan pendidikan PAUD
BUKIT LEMPAYAN
4) Meningkatkan
peran serta orang tua siswa dalam pendidikan anak yang berkarakter di rumah
Hasil Yang Akan
dicapai/Indikator Keberhasilan
Adapun hasil yang diharapkan tercapai
dari kegiatan pendidikan karakter ini adalah :
1) Tersusunya
kurikulum yang berbasisi pendidikan karakter yang di buktikan dengan adanya :
Ø Silabus
Ø Rencana
Pembelajaran Tahunan (RPT)
Ø Rencana
Pembelajaran Bulanan (RPB)
Ø Rencana
Pembelajaran Mingguan (RPM)
Ø Rencana
Pembelajaran Harian (RPH)
2) Prose
pembelajaran PAUD yang terintegrasi dengan kegiatan yang mengembangkan karakter
siswa didik.
3) Meningkatkan
peran serta orang tua dalam prose pembelajaran yang ada di lingkungan
pendidikan PAUD.
4) Meningkatkan
peran serta masyarakat dalam kegiatan, pengelolaan dan perencaan kegiatan PAUD.
0 komentar:
Posting Komentar