Pemanfatan Ampas Tahu Sebagai Pakan Ternak "Sapi Bali"



Ampas tahu merupakan hasil ikutan proses pembuatan tahu, yang dapat digunakan sebagai bahan pakan ternak ruminansia dan unggas. Bahan pakan ini mudah didapat dan memiliki nilai gizi cukup baik dengan kandungan protein kasar 21%. Sebagai pakan tambahan, ampas tahu dapat berfungsi melengkapi protein dari hijauan.

Praktik Pemberian Ampas Tahu Pada Sapi Bali dilaksanakan di Kelompok Peternak Kebun Kopi Kelurahan Dalam Kec. Taliwang. Untuk penggemukan sapi bali , amapas tahu diberikan sebanyak 5 – 7 kg perhari. Hasil pengematan yang telah dialkukan bersama peternak peningkatan bobot badan sapi bali harian berkisar 0,5 – 0,7 kg/hari.
Pada awal pemeliharaan atau penggemukan ternak yang baru datang  diberikan obat cacing dan vitamin. Obat ini diberikan dengan cara menyembunyikan di dalam rumput kemudian diberikan kepada sapi dengan cara memasukan rumput tersebut kedalam mulut sapi.
Pagi hari ternak dimandikan terlebih dahulu untuk menjaga kebersihan sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Kandang juga dibersihkan dari kotoran dan sisa makanan yang menumpuk didasar kandang, ketempat penampungan yang telah disediakan. Setelah bersih baru diberikan pakan konsentrat dan ampas tahu yang sudah dicampur dengan air.
Pada sapi bali pemeberian ampas tahu harus dilatih karena sapi bali tidak terbiasa mengkonsumsi ampas tahu. Peternak yang ada di Kelompok Peternak Kebun Kopi biasanya melakukan kegiatan “salung” atau menyuapi kesapi amapas tahu yang telah di cairkan agar ternak terbiasa. Selama 2 hari ternak hanya di berikan amapas tahu saja tampa di berikan rumput dan hijauan lainya. Setelah itu baru ternak akan terbisa mengkonsumsi ampas tahu dan di berikan jadwal pada pagi hari dan sore hari.

Keunggulan ampas tahu dapat memberikan hasil yang optimal yakni pertumbuhan dan pertambahan berat badan 0,5 - 0,7 kg/ekor/hari. Masa pemeliharan untuk sapi bali pengemukan berkisar antara 3 – 4 bulan. Pemenfaatan amapas tahu dapat memberi dampak pada peningkatan pendapatan peternak.
Sumber : Lidbang.deptan.go.id dan hasil kegiatan penyuluhan di Kel. Dalam Kec. Taliwang


0 komentar:

Posting Komentar

 
  • Media Penyuluhan © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes